Sabtu, 07 Februari 2009

Tahu Gejrot & Cakar Ayam Bumbu Taosi

Rindu makanan yang dijual di pinggir jalan atau restoran tapi males pergi apalagi khawatir kebersihannya kurang terjamin. Buat saja sendiri di rumah. Mudah2 an gak kalah enak.


TAHU GEJROT


Ini masakan khas cirebon lho..., waktu kecil saya suka sekali beli tahu gejrot, pedes2 manis ada asemnya dikit. Yang jual biasanya bapak2, dijajakan keliling pake keranjang bambu yang dipikul. Penyajiannya pake piring kecil dari kayu, makannya pake tusuk gigi. Duh kalo inget itu jadi rindu kampung halaman. Oh ya inspirasi resep ini dari tabloid Sejap Sekejap yang dibawa mbak Ririn (krakatau 260). Ini dia resepnya...


BAHAN:

20 bh tahu pong/tahu sumedang (tahu putih juga bisa)
2 sdm bawang goreng


HALUSKAN

4 bh bawang merah
3 siung bawang putih
7 bh cabe rawit
1 sdt garam


KUAH:

2 sdm air asam
100 g gula merah
250 ml air
4 sdm kecap manis


CARA MEMBUAT:


  1. Buat kuah: rebus gula merah dan air sampai gula larut, angkat saring.

  2. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam larutan gula merah bersama air asam dan kecap manis, masak sampai matang dan mendidih.

  3. Goreng kering tahu yang sudah direndam garam (kalo pake tahu mentah), lalu potong-potong tahu dalam piring saji, siram kuahnya, taburi bawang goreng.

Untuk 4 orang


Wahai ibu-ibu yang baik hati lagi pintar...bosen ceker ayam dibuat sup? Sekali-kali coba resep ini. Judulnya sih Cakar Ayam Bumbu Taosi tapi sorry saya tidak tahu taosi itu apa ya.. (kalau ada yang tahu please kasih info ke kita). Resep ini didapat dari buku resepnya temen. Waktu kutanya sama temen taosi itu apa, ternyata sama nggak tahu juga. Temenku bilang masaknya nggak pake taosi tapi rasanya uenak koq. Mau coba? Ni dia resepnya....

CAKAR AYAM BUMBU TAOSI

Bahan:

  1. 1 kg ceker ayam
  2. 5 sdm gula pasir
  3. minyak untuk menggoreng
  4. 2 bh cabe merah besar, buang biji
  5. 1 L air
  6. 2 bh bunga lawang
  7. 3 sdm tepung sagu

Saus:

  1. 8 bh bawang merah, cincang
  2. 5 siung bawang putih cincang
  3. 2 sdm gula pasir
  4. 1 sdt garam & 1/2 sdt merica
  5. 6 sdm saus tiram
  6. 3 sdm taosi
  7. 5 sdm saus tomat
  8. 100 cc air

Cara Membuat:

  1. Didihkan air + gula pasir, masukkan cakar, rebus 5 menit.
  2. Minyak goreng panaskan, cakar digoreng kering, angkat.
  3. Rebus lagi cakar dalam air + 1 sdt garam + pekak hingga melepuh kulitnya, angkat, tiriskan. Setelah dingin lumuri dengan tepung sagu, sisihkan.
  4. Saus: panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih hingga harum, tambah saus tiram, taosi (kalau ada), gula pasir, saus tomat, garam & merica, tambah air, masak hingga kental. Masukkan cakar, cabe merah, aduk rata, angkat.
  5. Siapkan di pinggan tahan panas, masukkan cakar + saus, kukus 15 menit, angka, sajikan hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar